• Tuesday, January 15, 2013

    perkembangan internet


    PERKEMBANGAN INTERNET
    A.Internet
    1.Pengertian Internet
    Apakah Pengertian Internet itu? Internet sendiri berasal dari kata  interconnection-networking, merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
    sedangkan pengertian internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks,
    grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.
    ilustrasi jaringan internet bekerja
    2. Sejarah internet
    Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet.
    Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
    Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
    Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
    Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
    Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
    Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
    Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
    3. Manfaat internet     

    Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
    Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan
    Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.
    Adapun beberapa manfaat internet antara  lain:
    1.     dunia pendidikan
    Akses ke sumber informasiSebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang sayangnya tidak murah. Buku-buku dan journal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah. Sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di dunia (termasuk di dunia Barat) yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya Internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi.Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Bidang apa pun yang anda minati, pasti ada informasi di Internet. Contoh-contoh sumber informasi yang tersedia secara online antara lain :
    a.     Library
    b.     Online Journal
    c.      Online courses. MIT mulai membuka semua materi kuliahnya di Internet.
    Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (perpustakaan) lebih berat dibanding dengan tempat lain. Adanya Internet merupakan salah satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah ini.
    ü Akses ke pakarInternet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Seorang siswa di Makassar dapat berkonsultasi dengan dosen di Bandung atau bahkan di Palo Alto, Amerika Serikat.
    ü  Media kerjasamaKolaborasi atau kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan lebih mudah, efisien, dan lebih murah.
    2.    Dunia usaha
    Internet saat ini digunakan oleh siapa saja. Tak hanya bermanfaat dalam
    bidang pendidikan, manfaat internet bagi dunia usaha dan juga
    sudah banyak dirasakan oleh para pebisnis. Di era globalisasi yang penuh
    persaingan seperti sekarang ini, para pelaku bisnis harus pintar-pintar
    menjalankan bisnis mereka.

    Disinilah peran internet dibutuhkan. Banyak yang mengaku bahwa internet
    adalah teknologi yang sangat berpengaruh pada bisnis yang sedang
    dijalankan. Tak sedikit pula pebisnis yang sangat sukses berkat bantuan
    internet.
    Berikut ini adalah beberapa contoh kegunaan internet dalam dunia usaha.

    ü Internet adalah teknologi yang diciptakan sebagai sumber informasi.
        Dengan adanya internet, banyak para pebisnis yang bisa mencari
        informasi apapun yang berhubungan dengan bisnis mereka.
        Misalnya, seorang yang memiliki usaha makanan kaleng, ia bisa
        mencari pengetahuan tentang apa saja yang dibutuhkan. Entah itu
        bahan, cara pengolahan, maupun bagaimana memasarkannya.
    ü Internet tidak hanya membantu para pebisnis yang sudah lama terjun
        dalam bidang ini. Para pemula pun bisa mulai tertarik berwirausaha
        bila mendapat pengetahuan tentang bisnis. Hal ini tentu akan
        menambah maraknya dunia bisnis di Indonesia.
    ü Manfaat internet dalam dunia bisnis adalah bisa memudahkan para
        pebisnis untuk memasok barang yang menjadi komoditi bisnis mereka.
        Misalnya, ada seseorang yang bisnisnya bergerak dalam bidang fashion
        dan ingin menambah koleksi dengan membeli barang import. Ia bisa
        saja menggunakan jasa internet untuk mencari informasi dan memesan
        barang dari luar negeri.
    ü Internet adalah suatu media untuk berpromosi. Ini juga merupakan
        salah satu manfaat internet bagi dunia usaha. Lewat situs pribadi,
        blog, atau jejaring sosial internet, promosi bisa lebih mudah
        dilakukan, hemat biaya, dan cakupan promosinya (masyarakat/konsumen)
        juga bisa lebih luas.
    ü Manfaat internet bagi dunia usaha tak hanya dirasakan oleh para
        pebisnis yang berperan sebagai produsen, tapi juga dirasakan oleh
        para konsumen secara tidak langsung. Bila dunia usaha maju, para
        konsumen pun akan lebih mudah mendapatkan barang berkualitas yang
        mereka inginkan.
    ü Tak hanya para konsumen. Secara tidak langung, manfaat internet bagi
        dunia usaha juga berpengaruh pada para pekerja. Misalnya, suatu
        perusahaan yang maju berkat adanya internet, tentu akan mempengaruhi
        taraf hidup para pekerjanya.


    Ø E- Bisnis

    Bila mencermati bisnis di dalam internet dan bagaimana dunia usaha bisa
    berkibar di dalamnya ada dua selorohan di sini, pertama Anda harus
    memahami bahwa bisnis dan usaha di dunia internet itu di kenal dengan
    istilah E-Bisnis, yang bermakna bisnis melalui piranti elektronik. Dan
    bukan Bisnis-E, yang tentu saja bisa di reverse sebagai bisnis di dalam
    bidang elektronik.  Kita cermati lebih lanjut E Bisnis.

    E-bisnis adalah istilah yang luas meliputi berbagai proses bisnis yang
    bertujuan untuk mengintegrasikan vendor atau pedagang dengan konsumen dan pemasok dengan menggunakan Internet. Seluruh proses mendirikan sebuah situs web, membantu calon pelanggan  menavigasi melalui website, menunjukkan kepada mereka produk yang tersedia, menawarkan diskon dan voucher dan melakukan segala kemungkinan untuk merayu calon klien dan
    mengubahnya menjadi pelanggan, datang di bawah lingkup e- bisnis.

    E-commerce, di sisi lain, adalah bagian dari e-bisnis dan mengacu pada transaksi online yang dapat dipertanggungjawabkan dalam istilah moneter. Misalnya, pembayaran kartu kredit menerima untuk produk yang dijual kepada konsumen atau melakukan pembayaran untuk belanja online adalah contoh dari e-commerce. Dengan kata lain, e-commerce mengacu pada tahap terakhir dari e-bisnis yang melibatkan mengumpulkan pembayaran untuk barang yang dijual oleh perusahaan bisnis.

    ·          Keuntungan dari E-Bisnis

    1. Kehadiran seluruh dunia
    Ini adalah keuntungan terbesar dari
    melakukan bisnis online. Sebuah perusahaan terlibat dalam e-bisnis dapat
    memiliki nasional atau kehadiran di seluruh dunia. IBM adalah salah satu
    perusahaan pertama yang menggunakan istilah e-bisnis untuk merujuk untuk
    melayani pelanggan dan berkolaborasi dengan mitra bisnis dari seluruh dunia.

    Dell Inc termasuk yang menggebrak dalam lini ini, mereka juga punya
    semacam lini bisnis penjualan PC yang berkembang di seluruh Amerika
    Serikat, hanya melalui telepon dan internet sampai tahun 2007.

    Lalu, Amazon.com merupakan kisah sukses yang membantu orang membeli internasional dari pihak ketiga. Oleh karena itu, kehadiran di seluruh dunia dipastikan jika perusahaan memikirkan kembali bisnis mereka dalam hal internet. Dan sukses tersebut diikuti di Indonesia melalui cara promosi seperti ada dalam Toko Bagus.com atau Berniaga.com

    2.  Biaya-Efektif Pemasaran dan Promosi
    Menggunakan web untuk memasarkan produk menjamin seluruh dunia mencapai pada harga nominal. Iklan teknik seperti membayar per klik iklan memastikan bahwa pengiklan hanya membayar untuk iklan yang benar-benar dilihat.



    3.     Afiliasi pemasaran
     di mana pelanggan akan diarahkan ke portal bisnis karena upaya afiliasi yang pada gilirannya menerima kompensasi
    atas upaya mereka bertemu dengan sukses, telah muncul di rekening
    e-bisnis. Afiliasi pemasaran telah membantu baik bisnis dan afiliasi.
    Perusahaan telah berhasil menggunakan strategi hemat biaya iklan online
    untuk keuntungan mereka.

    4.     Mengembangkan Strategi Kompetitif
     Perusahaan harus memiliki strategi bersaing dalam rangka untuk memastikan keunggulan kompetitif.
    Tanpa strategi yang efektif, mereka akan menemukan mustahil untuk
    mempertahankan keunggulan dan mendapatkan keuntungan.

    Strategi, bahwa perusahaan dapat mengejar, dapat menjadi strategi biaya
    atau strategi diferensiasi. Misalnya, sampai tahun 2007, Dell Inc
    menjual komputer hanya melalui internet dan telepon. Ini mengadopsi
    strategi diferensiasi dengan menjual komputer yang online dan
    menyesuaikan laptop untuk memenuhi persyaratan dari klien. Dengan
    demikian, e-bisnis mengakibatkan Dell Inc mengelola untuk menangkap
    segmen yang luas dari pasar dengan menggunakan strategi diferensiasi.

    5.     Customer Service nya juga bisa lebih baik
     E-bisnis telah mengakibatkan layanan pelanggan yang meningkat. Banyak kali, pada mengunjungi sebuah website, pelanggan disambut oleh jendela chat pop-up. Mudah layanan pelanggan yang tersedia dapat membantu dalam mendorong pelanggan untuk tahu lebih banyak tentang produk atau jasa. Selain itu, pembayaran dapat dilakukan secara online, produk dapat dikirim ke pelanggan tanpa pelanggan harus meninggalkan rumah.

    ·        Kekurangan dari E-bisnis

    1.     Keterbatasan Sektoral
    Kerugian utama dari e-bisnis adalah
    kurangnya pertumbuhan di beberapa sektor karena keterbatasan produk atau sektor. Sektor pangan tidak diuntungkan dalam hal pertumbuhan penjualan dan pendapatan konsekuen karena sejumlah alasan praktis seperti produk makanan yang tahan lama item.

    Konsumen tidak mencari produk makanan di Internet karena mereka lebih
    suka pergi ke supermarket untuk membeli barang-barang yang diperlukan
    sebagai dan ketika diperlukan.

    2.     Bersifat Mahal
    E-bisnis bukanlah solusi untuk Optimasi: sumber
    daya substansial yang diperlukan untuk mendefinisikan ulang lini produk
    untuk berjualan secara online. Upgrade sistem komputer, pelatihan
    personil, dan situs memperbarui membutuhkan sumber daya yang substansial.

    Selain itu, Electronic Data Management (EDM) dan Enterprise Resource
    Planning (ERP) yang diperlukan untuk memastikan proses bisnis internal
    yang optimal dapat dipandang, oleh beberapa perusahaan, sebagai salah
    satu kelemahan.

    Namun, Ini jelas bahwa keuntungan jelas lebih besar daripada kerugian
    dari e-bisnis. Setiap bisnis harus akhirnya mengubah modus operandi dan
    mengadopsi e-praktek bisnis dalam rangka untuk menjamin kelangsungan
    hidup dan kesuksesan dalam menarik keuntungan dari manfaat internet bagi
    dunia usaha.

    B. Web Site atau Situs
    1.Pengertian Web Site atau Situs

    Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.
    2. Unsur-Unsur Web Site atau Situs

    Untuk membangun situs diperlukan beberapa unsur yang harus ada agar situs dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam situs antara lain:


    a.     Domain Name
    Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh sebuah URL adalah http://www.octa_haris.tripod.com--dapat juga tanpa www--
    Ada banyak macam nama domain yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa nama domain yang sering digunakan dan tersedia di internet:
    1. Generic Domains(gTLDs)

    Merupakan domain name yang berakhiran
    dengan .Com .Net .Org .Edu .Mil atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut top level domain dan domain ini tidak berafiliasi berdasarkan negara, sehingga siapapun dapat mendaftar.
    Ø.com : merupakan top level domain yang ditujukan untuk kebutuhan "commercial".
    Ø.edu : merupakan domain yang ditujukan untuk kebutuhan dunia pendidikan (education)
    Ø.gov : merupakan domain untuk pemerintahan (government)
    Ø.mil : merupakan domain untuk kebutuhan angkatan bersenjata (military)
    Ø.org : domain untuk organisasi atau lembaga non profit (Organization).
    2. Country-Specific Domains (ccTLDs)

    Yaitu domain yang berkaitan dengan dua huruf ekstensi, dan sering juga disebut second level domain, seperti .id(Indonesia), .au(Australia), .jp(Jepang) dan lain lain. Domain ini dioperasikan dan di daftarkan dimasing negara. Di Indonesia, domain-domain ini berakhiran, .co.id, .ac.id, .go.id, .mil.id, .or.id, dan pada akhir-akhir ini ditambah dengan war.net.id, .mil.id, dan web.id. Penggunaan dari masing-masing akhiran tersebut berbeda tergantung pengguna dan pengunaannya, antara lain:
    Ø.co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
    Ø.ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
    Ø.go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
    Ø.mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
    Ø.or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori "ac.id","co.id","go.id","mil.id" dan lain
    Ø.war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
    Ø.sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
    Ø.web.id : Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di Worl Wide Web.
    Nama domain dari tiap-tiap situs di seluruh dunia tidak ada yang sama sehingga tidak ada satupun situs yang akan dijumpai tertukar nama atau tertukar halaman situsnya. Untuk memperoleh nama dilakukan penyewaan domain, biasanya dalam jangka tertentu(tahunan).
    b. Hosting
    Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
    Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte).Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.
    c. Scripts/Bahasa Program
    Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.
    Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan ASP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs.
    Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual scripts yang biasanya berada di luar negri. Harga Scripts rata-rata sangat mahal karena sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat. Khusus Jilbab Online menggunakan bahasa ASP(Active Server Pages).
    d. Design Web
    Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site.
    Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantu ng kualitas designer.
    e. Publikasi
    Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.
    Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine(mesin pencari, spt : Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb)
    Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.

    3. Pemeliharaan Web Site atau Situs

    Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.
    Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan(tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik bisanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.











    C. Perkembangan iternet di masa mendatang
    Perkembangan internet kian hari kian bertambah, baik dari sisi pengguna sampai dengan kecanggihan teknologi yang ditawarkan. Lalu, seperti apakah internet pada sepuluh tahun yang akan datang?

    Jika melihat dari belakang, situs adalah tentunya sama sekali berbeda sekarang dibanding tahun 2000. Bahkan sangat berbeda dengan apa yang terjadi 40 tahun lalu, ketika pertama kali diciptakan.

    Di masa depan, tentunya perubahan akan banyak terjadi lagi. Beberapa pengamat, yang dirangkum PC Advisor, Sabtu (9/1/2010) mencoba menerawang seperti apa internet dalam satu dekade kedepan.
    üBanyak orang akan menggunakan internet
    Sampai saat ini menurut Internet World Stats mencatat internet telah mencapai 1,7 miliar pengguna, dengan jumlah penduduk dunia 6,7 miliar orang.
    National Science Foundation memprediksi bahwa Internet akan memiliki hampir lima miliar pengguna pada saat itu. Namun, scaling terus menjadi masalah bagi arsitektur internet di masa depan.
    üInternet akan meningkat di negara berkembang
    Sebagian besar pertumbuhan web selama 10 tahun akan datang dari negara-negara berkembang.
    Menurut Internet World Stats daerah dengan tingkat penetrasi terendah adalah Afrika (6,8 persen), Asia (19,4 persen) dan Timur Tengah (28,3 persen). Sebaliknya, Amerika Utara memiliki tingkat penetrasi 74,2 persen.
    Trend ini internet pada tahun 2020 tidak hanya akan menjangkau lebih banyak lokasi terpencil di seluruh dunia, tetapi juga akan mendukung lebih banyak bahasa dan skrip non-ASCII.
    üInternet akan menjadi jaringan hal, bukan komputer
    Sebagai infrastruktur lebih kritis akan terhubung ke internet, web ini diharapkan dapat menjadi perangkat jaringan daripada jaringan komputer.
    Internet memiliki sekitar 575 juta host komputer yang, menurut CIA World Factbook 2009. Tetapi NSF mengharapkan milyaran sensor pada bangunan dan jembatan akan terhubung ke internet untuk menggunakan seperti listrik dan keamanan sebagai pemantauan.
    Pada tahun 2020, itu diharapkan bahwa jumlah net-sensor akan terhubung lipat lebih besar dari jumlah pengguna.
    üData Internet akan mencapai exabyte, mungkin zettabytes.
    Para peneliti telah menciptakan istilah ‘exaflood’ untuk merujuk pada peningkatan cepat jumlah data, terutama gambar dan video kualitas tinggi ditransfer melalui internet.
    Cisco memperkirakan bahwa perdagangan global akan tumbuh 44exabytes per bulan pada tahun 2012 – lebih dari dua kali lipat seperti sekarang ini.
    Penyedia konten seperti Google menciptakan konten ini daripada Tier 1 ISP. Pergeseran ini mendorong minat kembali Architecting internet menjadi jaringan konten-sentris, bukan jaringan transportasi
    dampak perkembangan internet di masa mendatang.
    ü Perkembangan jaringan global
    Mayoritas responden setuju dengan skenario yang menyatakan bahwa jaringan global berbiaya rendah akan berkembang di tahun 2020 serta mudah didapat oleh sebagian besar masyarakat dunia. Mereka pun setuju bahwa penggelaran teknologi tersebut membuka peluang untuk keberhasilan banyak orang dalam berkompetisi secara global.
    Namun minoritas responden mengatakan tidak yakin akan adanya iklim kebijakan yang mendukung berkembangnya internet. Menurut mereka, pusat kekuasaan bakal menjaga kepentingan-kepentingan mereka saat ini dengan menelurkan kebijakan yang mengendalikan informasi dan komunikasi.
    ü Kendali manusia dengan teknologi
    Kebanyakan responden mengatakan bahwa manusia akan tetap mengendalikan teknologi baik sekarang maupun di tahun 2020 nanti. Kendati demikian, ada kekhawatiran terhadap kemajuan teknologi yang pada akhirnya akan menciptakan mesin dan proses yang melebihi kendali manusia. Yang lainnya mengatakan, mereka khawatir bahwa kemajuan teknologi akan disalahgunakan.
    ü Keterbukaan vs privasi
    Ada harapan yang berkembang luas bahwa orang secara sadar atau tidak sadar ingin lebih terbuka tentang dirinya. Dengan cara itu mereka akan mendapatkan banyak manfaat walaupun secara privasi mereka akan banyak kehilangan. Dalam pandangan mengenai apakah dunia akan lebih baik dengan adanya keterbukaan dari individu atau lembaga, responden terbelah menjadi dua. Tercatat 46% dari mereka setuju adanya manfaat lebih banyak dengan melakukan transparansi, baik dari individu maupun lembaga. Sebaliknya, 49% dari mereka ini tidak setuju dengan pandangan tersebut.
    ü Pihak-pihak yang kontra terhadap teknologi
    Sebagian besar responden setuju bahwa masih ada orang yang belum terhubungkan dengan internet karena keterbatasan ekonomi; serta orang yang melakukan kontra terhadap kemajuan teknologi yang akan muncul di tahun 2020. Mereka ini akan membentuk komunitas sendiri yang terpisah dari masyarakat modern, dan mereka akan melakukan aksi sebagai protes terhadap teknologi.
    Di lain pihak, banyak responden yang tidak setuju bahwa kekerasan lebih banyak muncul karena konflik agama, ekonomi atau politik.
    ü Memaksakan atau “bergantung” pada dunia virtual
    Banyak responden setuju bahwa negara yang masyarakatnya terhubungkan dengan internet akan menyediakan waktu lebih untuk membentuk dunia yang terhubungkan dengan jaringan. Hal ini akan menumbuhkan produktivitas dan menciptakan banyak manfaat. Namun, bagi beberapa pihak, hal itu akan menimbulkan ketergantungan. Ternyata, pandangan seperti itu cocok bagi sebagian responden. Akan tetapi, responden lainnya menilai pandangan itu kurang cocok.
    ü Inggris menjadi bahasa online
    Banyak responden mengatakan bahwa mereka menerima pandangan yang menyatakan kelak bahasa Inggris menjadi bahasa dunia untuk berkomunikasi secara online. Meski demikian, bahasa Inggris tidak akan menggantikan bahasa lain dalam aktivitas seharian.
    Di sisi lain, sebagian besar responden menekankan bahwa keragaman bahasa adalah hal yang baik. Mereka juga melihat internet akan memberi kesempatan untuk berkembangnya bahasa sesuai dengan kulturnya. Sementara, responden lainnya mengatakan bahwa bahasa akan berkembang seiring berjalannya waktu. Begitu pun dengan perkembangan internet yang didukung dengan perubahan jaman.
    ü Prioritas pengembangan
    Di masa datang, membangun kapasitas jaringan dan menyalurkan pengetahuan tentang teknologi untuk membantu mereka yang belum memakai jaringan adalah dua hal yang menjadi prioritas mereka. Hal ini dikemukakan oleh 78% responden tentang prioritas mereka dalam pengembangan dana dan waktu di masa depan dalam kaitannya dengan jaringan internet.

    No comments:

    Post a Comment