• Friday, February 23, 2018

Pendakian Gunug Gede Lintas Jalur ( Naik Via Cibodas, Turun Via Gunung Putri)

Assalammualaikum Wr.Wb
    Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Gunung ini berada di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, dengan ketinggian 1.000 - 3.000 mdpl, dan berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan di malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas. (Sumber: wikipedia.com).

Untuk dapat melakukan pendakian Gunung Gede, pendaki diwajibkan untuk melakukan pendaftaran online melalui website yang telah disediakan oleh pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) minimal 30 hari sebelum hari pendakian. Awal pendakian kita harus melakuakan medical checkup atau tes kesehatan di Kinik Edelwis yang berada di kantor TNGGP, kemudian melakukan pendaftaran ulang sebelum mendapatkan simaksi (surat ini memasuki kawasan konservasi).
    Setelah mendapatkan simaksi selanjutkan menuju pos pemeriksaan yang berada tidak jauh dari kantor TNGGP. Disini kita akan di cek perlengkapan pendakian dan barang bawaan kita. Untuk melakuakan pendakian Gunung Gede pendaki diwajibkan memakai sepatu dan peralatan pendakian safety.

Cerita pendakian dimulai dari sini, kami berenam  berangkat dari semarang pukul 13.15 menggunakan kreta api tawang jaya, sesampai di Stasiun Pasar Senen Jakarta kami dijemput oleh 3 orang teman dari PGI Jabodetabek dan selnjutnya melanjutkan perjalanan menuju Pos pendakian Cibodas menggunakan mobil.
    Sesampai di Cibodas waktu menunjukkan pukul 01.00, jangan khawatir bagi temen-temen yang ingin kesana, di cibodas banyak kok warung-warung yang menyediakan tempat untuk bermalam, salahsatunya warung milik mang idi. Disini menjadi tempat favorit para pendaki karena tempatnya yang luas.

Setelah beristirahat semalam, tibalah buat kami untuk bangun dan merasakan sejuknya udara pagi di kota orang hehe. Sambil menikmati teh hangat ala mang idi, tidak afdol kalau tidak saling bercengkrama dengan sesama pendaki. Setelah semua siap sekarang waktunya mengurus simaksi di kantor TNGGP.

Syukur alhamdulillah setelah berdebat kesana-kemari dengan petugas akhirnya kami mendapatkan simaksi, dikarenakan waktu yang sudah siang kami pun mencoba untuk merubah rencana, yang semula berencana naik lewat gunung putri turun cibodas menjadi naik cibodas turun gunung putri.
    setelah semua beres kamipun melanjutkan perjalanan menyusuri jalur pendakian Gunung Gede.
    Pos Pendaftaran – Tarentong (15 menit)
    Dari kantor TNGGP menuju pos pemeriksaan kami di temani teman-taman dari PGI Korwil Jabodetabek.