• Wednesday, November 18, 2015

    Sejarah Singkat Pondok Pesantren Miftahul Huda Peron Limbangan Kendal


    Peron mendapat julukan sebagai desa pesantren karena terdapat dua pondok pesantren dalam satu desa ,terdapat pula tempat tempat penyebaran agama islam yang lain seperti TPQ ,MDA,MTs, dll,, dan yang terbesar dan terkenal adalah pondok pesantren miftahul huda yang sudah ada sebelum kemerdekaan Indonesia.

    Generasi Pertama
    Peron adalah nama sebuah desa di kecamatan limbangan ,kabupaten Kendal ,jawa tengah
    Sebuah desa yang terletak di pelosok jauh dari perkotaan dan keramean kota . di sini telah berdiri hunian /pondok para penuntul ilmu agama islam (santri) yang di kenal dengan pondok pesantren miftadul huda yang berdiri kira kira tahun 1946 ,dan Diprakarsai oleh seorang ulama’ / kyai yang bernama Akhmad sobar seorang yang alim dan tashawuff.

    Sejarah pondok pesantren miftahul huda tidak lepas dari perjuangan Kyai Akhmad sobar yang memberikan cahaya pada masyarakat desa peron yang dahulu masih percaya dengan adanya klenik ,pesugihan dan kegiatan kegiatan yang melenceng dari ajaran nabi Muhammad. Dengan perjuangan beliau dan kesabaran deliau desa peron menjadi desa yang bernuansa islami ,kemudian beliau meneruskan perjuangan untuk mendirikan majelis pengajaran islam dan mendirikan sebuah masjid di tengah desa peron dan yang kini dikenal dengan masjid Jamiu’us shobri dan pesat pengajaran yang Bernama pondok pesantren miftahul huda.

    Tahun demi tahun berjalan ,dan anak anak yang ingin menimba ilmu agamapun juga bertambah berawal dari anak anak dari desa setempat dan juga kedatangan dari desa desa lain .semakin bertambahnya santri kyai Akhmad shobri berfikiran untuk membuat tempat tinggal para santri yang biasa di sebut pondok ,dan diberi nama miftahul huda (kunci petunjuk). Kyai Akhmad Shobri pun wafat di desa peron dan dimakamkan di sebelah utara masjid jami’us shobri.

    Generasi keDua
    Setelah tahun demi tahun terlewati dan perjuangan kyai Akhmad pun terhenti di lanjutkan oleh seorang Alim yang bertekat baja, bercita cita tinggi dan ,perpandangan masa depan yang jauh dan berjiwa untuk memperjuangkan pendidikan yang kuat , beliau adalah keponakan dari Kyai ahmad shobri yang bernama K.H M.Muafiq ,, alumni Asrama perguruan islam tegal rejo magelang .(asuhan K.H chudhori) .Sejak di asuh beliau pondok pesantren miftahul huda memulai sepak terjang dalam segi pendidikan , mulai dari didirikanya sekolahan MTs ,yang diberi nama MTs Kisabariman, MDA AL Ahmad ,TPQ , dan ada lagi Sekolah Menengah kejuruan (SMK Miftahul huda ) , sudah jelas betapa pedulinya beliau dalam memikirkan pendidikan ,tidak hanya pendidikan agama tapi juga pendidikan umum yang beliau pikirkan.

    Pasang surut pun tak jauh dari perjuangan tak ada sebuah perjuangan yang mudah pasti ada cobaan cobaan yang akan merintang , tapi dengan kesabaran dan kegiihan beliau semakin berkembanglah pondok pesantren miftahul huda ini. Santri pun semakin bertambah sedikit demi sedikit bangunan pu juga semakin besar ,kini santri sudah mencapai 300 lebih , dan mudahan bisa bertambah dan bertambah , demi memperjuangkan Agama islam ,, sebagai generasi penyelamat bangsa dan penyelamat agama aminn……

    Penulis: Ahmad Ula KM

    1 comment: