• Sunday, March 19, 2017

    Jaman Kebaikan dan Perbaikan Serta Jaman Keburukan dan Pengrusakan

    Setiap jaman sejak dahulu sampai sekarang pasti terdapat didalamnya kebaikan dan keburukan. Demikian pula didalamnya ada orang-orang yang baik dan yang jahat, yang mempebaiki dan merusak.
                    Suatu jaman disebut jaman baik, apabila lebih menonjok kebaikan dan kebajikan serta kebenaran yang diperkuat oleh manusia baik-baik di masa itu, dan orang-orang yang soleh lebih banyak jumlahnya dan lebih besar perananya. Sebaliknya, kejahatan, kebatilan serta orang-orang jahat dimasa itu terkalahkan dan tidak banyak berperan didalamnya. Jika demikian halnya maka ia disebut Jaman Baik. sebagai contoh, masa hidu Rasulullah SAW dan khulafa rasyidin sepeninggal beliau.
                    Tetapi jika disuatu jaman, kejahatan dan peranan orang-orang jahat lebih menonjol, sedangkan kebaikan jarang terjadi, orang-orang baik punamat sedikit jumlahnya, sehingga mereka tidak dikenal dan tidak menonjol, maka jaman itu dinisbahkan kepada kejahatan dan fitnah, lalu disebut jaman buruk atau jaman fitnah dan bala’.
                    Dari uraian diatas, jelaslah bahwa setiap jaman dinisbahkan atau dikaitkan dengan keadaan yang lebih menonjol dan lebih banyak jumlahnya. Sebab tidak ada jaman manapun yang kosong sama sekali dari kebaikan dan kosong sekali dari kejahatan, sebagaimana telah disebut diatas.
                    Adapun yang lebih menonjol dijaman kita ini, seperti juga dimasa-masa lalu yang dekat, ialah keburukan, kerusakan dan kejahatan.orang-orang yang hidup dijaman ini lebih banyak yang bersifat jahat dan buruk kelakuannya sedangkan kebaikan dan ketulusan jarang dijumpai. Jumlah orang-orang yang baik dan shaleh sangat sedkit dan mereka itu tidak menonjol, terlupakan dan terkalahkan.

    No comments:

    Post a Comment