• Monday, October 20, 2014

Napak Tilas Gunung Andong dan Air Terjun Sekar Langit

Assalamualaikum Wr.Wb
    Gunung Andong

Gunung Andong adalah sebuah gunung bertipe perisai di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini belum pernah mempunyai aktivitas meletus. Gunung Andong terletak di antara Ngablak dan Tlogorjo, Grabag dan berketinggian sekitar 1.463 m. Gunung Andong merupakan salah satu dari beberapa gunung yang melingkari Magelang. Berdampingan dengan gunung Telomoyo, gunung ini berada di perbatasan wilayah Salatiga, Semarang, dan Magelang.sumber

Ya langsung saja pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang pengalaman saya di gunung andong.  Bagi pendaki yang belum mengenal Gunung Andong , pasti akan timbul pertanyaan Dimanakah Gunung Andong ? kok gag muncul di peta sih ? jalur mendakinya lewat mana sih ? mungkin sedikit banyak akan terlintas pertanyaan seperti itu .
    Nah untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan sedikit tentang jalur menuju basecamp Gunung Andong , tepatnya di Dusun Sawit Desa Girirejo Kec.Ngablak Kab.Magelang Jawa tengah.

Dari arah utara (Semarang, Solo , Boyolali dsktr)
    Start dari jalan raya Semarang-Solo tepatnya di terminal pasr sapi Salatiga belok ke arah Magelang (jalan raya Salatiga-Kopeng)-> Kopeng -> lanjut kearah Magelang -> Pasar Ngablak belok kanan masuk gapura warna biru yang menuju kearah Grabag, nanti akan melewati jalur menuju G.Telomoyo terus saja ke arah Grabag nati +- 2 KM akan ada pos ojek di kanan jalan dan ada pertigaan lalu belok kanan terus lurus naik ikuti jalan nanti akan sampai di Dusun sawit (basecamp G.Andong).

Dari arah Selatan (Magelang, Yogyakarka dsktr)
    Start dari Terminal Tidar Magelang → belok kanan  di lampu merah canguk ke arah Kopeng/ketep → Pasar Ngablak (perhatikan gapura pasar Ngablak yang berwarna biru) → Belok Kanan di gapura yang pertama kearah Grabag (mangli) jika anda melewati lapangan sepak bola ngablak berarti anda di jalur yang benar → maju sekitar 2 KM akan ada pertigaan makam dusun kenteng (perhatikan Plang Arah Penunjuk jalan) → belok kiri dan ikuti jalan itu sampai bertemu plang selanjutnya → SD Girirejo 2 (belok kanan)  → Sampai lah  di Dusun SAWIT. start pendakian Gunung Andong.

Dari arah Barat (Grabag, Secang, Temanggung, Parakan, Wonosobo dan sekitarnya)
    Start dari Terminal SECANG/simpang 3 Secang → Pertigaan KRINCING (pertigaan pertama dari lampu merah ke arah semarang) → Belok KANAN di pertigaan krincing menuju arag Grabag  →Pasar Grabag (Perempatan Pasar Grabag) → LURUS terus ke arah MANGLI → MANGLI (BUMI PERKEMAHAN MANGLI) → Naik terus melewati 2 dusun (dusun Mantran wetan dan mantran kulon) → sampai di SD Girirejo 2 (belok kiri) → Sampai lah  di Dusun SAWIT. start pendakian Gunung Andong.
    Alternatif : setelah Buper mangli dan desa mantran kulon (desa pertama) akan bertemu pertigaan jalan ((aspal (lurus) kearag Mantran wetan dan beton Dua lajur (ke arag Hutan Pinus). jika mau ke basecamp bisa menyusuri jalanan beton tersebut sampai bertemu pertigaan pertama → belok kanan kearah Desa Sawit. jalur beton ini sebagai start jalur pendakian Gunung andong.

Rute yang kami lewati ini berbeda dengan diatas , kami lewat sumowono-pringsurat-grabak-langsung Dusun Sawit Desa Girirejo. kami sampai basecamp pukul 20.00, setelah istirahat dan sholat isyak kami langsung tancap gas menuju puncak karena sudah di tunggu temang yang berangkat siang hari
    Perjalanan menuju puncak Gunung Andong ini cukup lah menguras waktu karena teman saya mengalami demam gunung. pertama kami melewati jalan beton dan masuk menuju perkebunan , disana sudah ada gapura untuk masuk ke perkebunan, Jalan setapak ini penuh debu karena memang lagi musim kemarau.
    setelah sampai dipuncak saya sudah disambut dengan teman-teman , sudah didirikan tenda , dibuati kopi dan yang paling istimewa adalah RENDANG di puncak Gunung Andong . Suasana malam itu cukup ramai sekali, info dari basecamp sekitar 200san lebih pendaki bermalam di puncak. Untuk Gunung sekecil andong jumlah itu sudah memenuhi puncak.
    Puncak Gunung Andong yang membentang sering dijuluki sebagai Geger Sapi, entah darimana julukan itu berasal saya kurang tau.

Sang Surya pun telah menampakkan kegagahannya, waktunya bangun dan keluar tenda untuk melihat indahnya sunrise dari puncak Gunung Andong. Suasana pagi itu benar-benar rame