• Tuesday, August 25, 2015

    Peringatan HUT RI ke-70 Dusun Porot Desa Getas Kec.Kaloran Kab.Temanggung


    Temanggungn, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 70 Desa Getas Atas (Dusun Porot,banyuurip,Cendono,Krecek,Gletuk) mengelar uapacara bendera pada tanggal 22 agustus 2015 di Lapangan Dusun Porot. "Prayaan" begitulah orang didusun kami menyebutnya, budaya yang telah turun menurun dilaksanakan untuk memperingati HUT RI. Pada tahun ini tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya Prayaan diawali dengan upacara bendera di lapangan Dusun Porot yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari siswa SD,SMP,SMA,PNS,Pegawai Kelurahan serta warga masyarakat Desa Getas Atas. Tidak itu pula upacara bendera juga diikuti oleh berbagai macam kesenian yang ada di Desa Getas Atas, seperti kesenian koncer dari Dusun Gletuk dan masih banyak lagi. Upacara bendera kali ini dipimpin langsung oleh Lurah Desa Getas dan sebagai pasukan pengibar bendera dari SMA Harapan Bangsa Dusun Porot. 

    Upacara bendera dimulai pukul 09.30 WIB setelah semua peserta upacara memasuki lapangan upacara,suara Drumband yang dikumandangkan oleh grub Drumband dari Dusun Banyuurip semakin menambah kemeriahan pagi itu. Tidak itu juga, parade helikopter, sapi, batu akik raksasa, bola raksasa serta rombongan motor-motor yang kalaitu memasuki lapangan paling terakhir juga semakin menambah kemeriahan acara "Prayaan".

    Upacara bendera berlangsung sangat hikmat, tidak ada sedikitpun halangan  dalam upacara waktu itu. Hentakan kaki Pasukan Pengibar Bendera serta lantunan lagu Indonesia Raya membuat semua peserta upacara terdiam dalam keheningan sambil mengangkat tangan dikening tanda penghormatan kepada Sang Merah Putih. Dalam amanat, Bapak Lurah Desa Getas selaku pemimpin upacara menyampaikan surat edaran dari Bp.Bupati Kabupaten Temanggung.

    Seusai upacara, dilanjutkan pembagian hadiah perlombaan yang sebelunya di laksanakan pada tanggal 18 Agustus-20 Agustus. Perlombaan yang diadakan oleh "Graha" karangtaruna Dusun porot ini berbeda dari tahun sebelumnya, yang biasanya perlombaan hanya diikuti oleh perwakilan setiap RT di dusun porot, pada tahun ini perlombaan semakin diperluas meliputi 5 Dusun di Getas Atas perwakilan per RW.

    Tidak cukup sampai disitu, untuk memeriahkan HUT RI ke 70, setelah upacara bendera dan pembagian hadiah usai masih ada karnaval yang diikuti oleh semua elemen masyarakat di Desa Getas Atas, mulai dari TK Darma Wanita, SDN 2 Getas, SDN 4 Getas, SMPN 3 Kaloran, SMA Harapan Bangsa, dan semua elemen masyarakat Desa Getas Atas. Karnaval kali ini diawali dari pasukkan Drumband Dusun Banyuurip di susul oleh SD, SMP, SMA dan kategori umum. 

    Demi melestarikan budaya daerah dan supaya berbagai macam kesenian yang ada di Desa Getas Atas ini tidak punah, maka seperti tahun-tahun sebelumnya seusai melaksanakan upacara dan karnaval dilanjutkan pagelaran pentas kesenian se Desa Getas atas, masing-masing RW wajib menampilkan sebuah kesenian. Acara pentas kesenian ini dimulai dari pukul 13.00 sampai pukul 00.00  yang disebar di 5 tempat yang berbeda.  

    Rombongan Karnaval Menuju Lokasi Upacara Bendera

    Kesenian Topeng Ireng Dari Dusun Gletuk

    Pasukan Pengibar Bendera dari SMA Harapan Bangsa
    Amanat Pembina Upacara oleh Lurah Desa Getas

    Peserta Upacara Mulai Meninggalkan Lapangan











    Kesenian Koncer dari Dusun Banyuurip

    Kesenian Koncer Dari Dusun Gletuk
    Kesenian Topeng Ireng dari Dusun Gletuk
    Kesenian Soreng Dari Dusun Porot

    Pertandingan Persahabatan PSPR
    Kesenian Reog dari Dusun Krecek




    Tag: Dusun Porot Desa Getas Kec.Kaloran Kab.Temanggung

    No comments:

    Post a Comment