• Thursday, September 3, 2015

    Golden Sunrise Bukit SIkunir Dataran Tinggi Dieng dan Telaga Cebong

    Assalammualaikum Wr.Wb

    Bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah ini terletak pada ketinggian 2263 meter diatas permukaan laut. Bukit Sikunir disebut-sebut sebagai Surganya para pencari Sunrise. Ya memanng benar disebut demikian, saya sendiri sudah 6 kali mendatangi objek wisata andalan Kabupaten Wonosobo tersebut, sampai-sampai saya dijadikan tourguide oleh teman-teman saya yang ingin menikmati keindahan dataran Tinggi Dieng khususnya Bukit Sikunir.

    Untuk menikmati indahnya sunrise di bukit Sikunir bukanlah perkara yang mudah , kita harus melalui jalan yang berkelak-kelok kalau lewat Kota Wonosobo, bukan hanya itu saja, udara di Dataran Tinggi Dieng ini sangatlah dingin, kadang bisa sampai minus drajat celcius. Tapi sobat semua jangan khawatir sekarang di kawasan Dieng sudah banyak pedagang yang menjajakan jaket-jaket tebat, syal, kaos tangan, kethu serta piranti-piranti yang akan membuat badan sobat tidak kedinginan lagi, pastinya dengan harga yang miring kok.(buat orang yang berduit banyak alias orang kaya hehehe:D).

    Untuk Masalah penginapan jangan ditanya lagi deh, setelah memasuki kawasan Dieng sudah banyak orang-orang yang menawarkan jasa penginapan, bagi orang yang berduit bisa tuh di Hotel-Hotel berbintang, bagi orang yang sedengan-sedengan disediakan home stay dengan harga yang murah kok sob , mulai dari 50 rb-150 rb per malam, kalo bagi sobat yang hanya modal nekad sepergi ane disediakan pula camp area di telaga sembungan kok, dengan biaya 10 rb per tenda (sekarang) kalau dulu mah gag bayar malah bisa ngecamp di puncaknya. sekarang demi menjaga kebersihan dan kelestarian alam bukit sikunir jadi tidak diperbolehkan  mendirikan tenda di puncak.

    Untuk menikmati indahnya sunrise di puncak bukit sikunir disarankan untuk naik pukul setengah 4 sampai pukul 4 pagi, tenang saja diatas disediakan tempat sholat bagi sobat-sobat yang beragama muslim untuk melaksanakan sholat subuh. Untuk sampai di Puncak Bukit Sikunir sobat harus meliwati anak tangga yang lumayan cukup melelahkan bagi orang yang jarang olahraga. sebenarnya tidak jauh kok hanya sekitar 500m dari tempat parkir, tp karena jalannya yang menanjak itu yang sering membuat pengunjung kelelahan.
    Setelah sampai puncak semua rasa capek bakalan hilang deh, Angin yang bertiup semilir, udara dingin yang menembus tulang tidak jadi masalah lagi setelah melihat indahnya matahari pagi yang muncul dari balik gunung Sindoro, Sumbing, Merapi dan Merbabu. Sedangkan untuk spot paling jelas untuk menikmati sunrise adalah di bukit paling depan , tepatnya bukit yang ada gubuknya, tetapi untuk bisa disitu haruslah berdesak-desakan dengan pengunjung lain karena disitulah temapt paling favorit.
    Terlihat Pengunjung Sedang Menanti munculnya Sunrise

    Setelah puas menikmati Sunrise jangan lupa untuk pergi kebelakang bukit Sikunir untuk menyaksikan Telaga Cebong di waktu senja. disitu juga terdapat patu yang menonjol ke jurang, yang sering di jadikan tempat Selfi oleh sebagian pengunjung. Dari situ juga bisa terlihat luasnya ladang penduduk yang sebagian besar di tanami kentang.

    No comments:

    Post a Comment