• Monday, August 24, 2015

    Contoh Rumusan Masalah Skripsi Jurusan Manajemen Informatika


    PENDAHULUAN
    1.1              1. Latar  Belakang
                Dewasa ini perkembangan teknologi informasi semakin pesat, sehingga banyak bidang perkerjaan yang dulunya dikerjakan manual oleh manusia sekarang bisa diganti oleh komputer. Dengan adanya sistem komputerisasi disegala bidang, berbagai macam pekerjaan kini bisa diselesaikan dengan waktu yang cepat dan terstrukur.
    Pada saat ini banyak perusahaan dan instansi pemerintah yang mulai melakukan komputerisasi pada setiap bidang pekerjaannya. Salah satu bidang yang kini banyak menggunakan  komputer adalah dalam bidang pengolah data. Oleh karena itu penulis akan mencoba membuat sebuah sistem informasi pengolahan data invoice disalah satu perusahaan swasta di Semarang yaitu PT. Bahtera Satria Adidaya.
    Pada mulanya perusahaan ini dalam proses pembuatan invoice juga sudah secara komputerisasi, tetapi aplikasi yang digunakan kurang berkesinambungan antara accounting, bagian keuangan serta orang lapangan. Dengan cara pencatatan dan pembuatan invoice seperti itu, accounting harus bekerja dua kali, pertama memasukkan data untuk dibuat invoice dan yang kedua merekap invoice kedalam microsoft office exel untuk dilaporkan ke bagian keuangan. Tentu dengan cara yang seperti itu sangat kurang efektif terutama di zaman yang serba instan seperti sekarang ini.
    Oleh sebab itu untuk meningkatkan keefektifitasan diperlukan suatu sistem yang mampu megolah data secara baik yang terintegrasai antara bagian yang satu dengan yang lain serta mampu memberikan laporan yang akurat.

      2. Identifikasi Masalah
    Berdasarkan pembahasan latar belakang permasalahan dapat diidentifikasi beberapa masalah :
    1.      Terlambatnya pelaporan keuangan oleh accounting kepada pimpinan
    2.      Bagian keuangan kesulitan dalam controlling kasbon operasional
    3.      Kurang terintegrasinya antara Pimpinan, Bagian keuangan serta bagian lapangan
    1.3              3. Pembatasan Masalah
    Dari rumusan masalah diatas penulis membatasi permasalah yang akan dibahas yaitu hanya mencakup :
    1.       Pembuatan suatu informasi pengolahan data yang hanya mengolah kasbon operasional dan pembuatan tagihan(Invoice).
    2.       Pembuatan laporan kasbon per  bulan, tagihan perbulan, seta profit yang dihasilkan.
    3.       Pembuatan suatu system berbasis web.
    1.4              4. Rumusan Masalah
    Dari latar belakang masalah di atas dapat dirumuskan beberapa rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu :
    1.       System yang bagaimanakah yang dapat miningkatkan keefektifitasan dalam pembuatan Invoice.
    2.       Bagaimana membuat suatu informasi yang dapat memberikan laporan baik data kasbon operasional maupun data keuangan accounting.
    3.       Bagaimana membuat sustu system informasi yang bisa diakses oleh banyak pihak dalam waktu yang bersamaan dan saling terintegrasi satu sam lain.
    1.5              5. Tujuan Penelitian
    1.      Membuat suatu sistem informasi yang dapat melakukan pengolahan data operasional dan data accounting secara cepat dan tepat.
    2.      Membuat suatu informasi yang dapat memberikan laporan baik data operasional maupun data keuangan secara akurat
    3.      Membuat suatu system informasi yang bias diakses oleh banyak pihak yang membutuhkan dalam waktu yang bersamaan.

    No comments:

    Post a Comment