• Thursday, June 26, 2014

Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas

Assalamualaikum wr. wb
    Pengalaman mendaki gunung Merbabu di bulan Juni 2014, tepatnya tanggal 14-15 Juni 2014. Gunung ini mempunyai ketinggian 3.145 meter di atas permukaan air laut dengan 4 jalur pendakian yang dapat dipilih. Keempat jalur itu Cunthel, Thekelan (Kopeng, Salatiga), Wekas (Kaponan, Magelang), dan Selo (Boyolali). Kebetulan di bulan JUni ini cuaca sudah memasuki musim panas(terkadang juga masih hujan). Rombongan saya berjumlah totoal 10 orang 9 cowok dan 1 cewek , kami memilih jalur wekas dikarenakan Jalur ini merupakan jalur tercepat dibanding 3 jalur yang lain, dapat ditempuh sampai puncak sekitar 6,5 jam. Jalur ini akan melalui 3 pos dan helipad. Pos pertama merupakan sebuah bangunan bertembok mempunyai ruang kecil yang dibelakangnya ada makam, pos kedua adalah tanah lapang luas yang dapat didirikan beberapa puluh tenda serta ada sumber air untuk menambah perbekalan.
     Pendakian kami mulai pada pukul 20.30 dikarenakan untuk menghemat tenaga kalau mendaki malam itu
    gambar1.1 start tracking
    Setelah berjalan sekitar 3,5 jam tepatnya pukul 00.00 rombongan pun sampai di POS 2 dan mendirikan tenda sealakarnya. Tidak lupa kamu pun membuat minuman dan makanan untuk menghangatkan diri dan mengisi tenga untuk melanjutkan perjalanan menuju puncak besok pagi.
    gambar1.3 suasana di POS 2
    Setelah cukup beristirahat pukul 05.00 kami melanjutkan perjalan menuju puncak, dikarenakan ada yang tidak enak badan maka 3 teman kami tidak ikut ke punjak dan menunggu d POS 2, dikarenakan jalur yang cukup terjal diputuskan supaya logistik dan barang2 yang tidak diperlukan tidak dibawa kepuncak.
     Disini kami tidak melewati pos 3 dikarenakan langsung memotong jalur seelah dari pos 2, lumayan lebih cepat walaupun ttracknya lumayan menguras tenaga. tapi tidak kecewa karena di suguhi dengan pemandangan yang waaaawww bagusnya dan melewati kawah gunung merbabu pula, yang anehnya di kawah tersebut airnya bukanya panas tetapi malah dingin , enggak tau sebabnya kenapa saya ,
    gambar1.4 kawah gunung merbabu
     gambar 1.5 padang rumput
    akhirnya setelah melewati track yang menanjak kira-kira dengan kemiringan 70 derajat kami pun sampai juga di puncak kenteng songo,,,
     gambar 1.6 pertigaan
     gambar1.7 Penulis lagi action di kenteng songo

perjalanan turun dari puncak
     orang menyebut ini jembatan setan ,, tapi sayangnya tidaada jembatanya , klo setanya.a sih insyaAllah gag ada hehehe
     persiapan untuk turun ke base camp dari pos 2
    istirahat di pos 1 untuk mengisi tenaga sebelum melanjutkan perjalanan ke basecamp wekas

Nah itu sepenggal cerita pendakian gunung merbabu via jalur wekas ,, kita bertemu lagi d pendakian-pendakian selanjutnya.