• Monday, September 22, 2014

Pendakian Gunung Sindoro via Kledung

Gunung Sindara, biasa disebut Sindoro, atau juga Sundoro (altitudo 3.150 meter di atas permukaan laut) merupakan sebuah gunung volkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dengan Temanggung sebagai kota terdekat. Gunung Sindara terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing.

Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang. Sebuah kubah lava kecil menempati puncak gunung berapi. Sejarah letusan Gunung Sindara yang telah terjadi sebagian besar berjenis ringan sampai sedang (letusan freatik).

Hutan di kawasan Gunung Sundoro mempunyai bertipe hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. untuk lebih jelasnya tentang Gunung Sindoro Klik Disini.
    Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang perjalan saya DKK dalam Menapaki tanah dan bebatuan Gunung Sindoro pada Tanggal 17 Agustus 2014 kemaren.
    Perjalanan kami mulai dari tempat saya di desa peron kec.Limbangan Kab.Kendal, dengan rombogan sebanyak 6 orang daari semarang. kami berangkat dari desa peron pukul 15.00 WIB , kami memilih lewat Sumowono, di terminal Sumowono Ambil kiri menuju arah Temanggung , Setelah sampai di Temanggung langsung ambil arah Parakan dan langsung menuju arah Wonosobo. nah Nanti sampailah di Kec.Kledung Kab.Temanggung
    Batas Kabupaten temanggung dan Kabupaten Wonosobo di Kec.kledung
    Kami tiba diBaseCamp Gunung Sindoro via Kledung sekitar pukul 16.30 da langsung saja melakukan proses regristrasi di basecamp. sembari melemaskan otot-otot setelah melakukan perjalanan menaiki sepeda motor dari Semarang kamipun mencari makan untuk isi tenaga sebelum melanjutkan perjalanan mendaki Gunung Sindoro.
    Tepat pukul 18.15 seusai Sholat Maghrib kami pun berangkat dari Basecamp .

memandangi gagahnya Gunung Sumbing
    Kebetulan cuaca pada hari itu sangat cerah, di sepanjang perjalanan melewati kembun tembakau milik warga kami pun tak henti-hentinya memandangi gagahnya Gunung Sumbing yang kebetulan masih terlihat sangat jelas eleh mata telanjang.
    Setelah berjalan melewati kebun Tembakau warga Desa Kledung kurang lebih 15 menit dari BaseCamp, tibah lah kami di batas kebun warga , disana terdapat Gubuk kecil yang kalau sinag hari sering dijadikan tempat berjualan warga , tapi kalo di malah hari dijadikan pos ountuk mengecek regristrasi para pendaki.

Gagahnya Gunung Sumbing
    setelah berjalan menyusuri belantara hutan Gunung Sindoro kamipun tiba di Pos 1, disitu kami istirahat sejenak sambil bercengkrama dengan pendaki-pendaki lain. saking asyiknya ngobrol dengan pendaki-pendaki lain sampai lupa kalo sudah hampir setengah jam kami beristirahat, kami pun memutuskan  langsung melanjutkan perjalanan supaya tidak kemalaman.
    Rencana kami semula mau Ngecamp di pos 3 pun sirna karena sesak dan udah tidak dapat tempat untuk mendirikan tenda, dan kami mencoba terus melanjutkan perjalanan siapa tau nanti di perjalanan mendapatkan tempat yang opas untuk ngecamp.
    kaki pun sudah berat untuk melanjutkan perjalanan, dan akhirnya kami putuskan untuk terbagi menjadi 2 kelompok , saya dan 1 teman saya tetap melanjutkan perjalanan sambil mencari tempat untuk ngecamp dan ke 4 teman saya istirahat di pos 3 untuk mengisi tenaga.
    setelah berjalan kurang leb 15 menit dam saya pun tidak juga mendapatkan tempat buat mendirikan tenda , dengan kondisi badan yang sudah capek, ngantuk  dan lemas, terselit ide dari teman saya untuk menjadikan aliran air di sisi jalan sebagai tempat untuk istirahat dan tidur , awalnya saya pun ragu untuk menggunakan tempat itu , tapi setelah ke 4 teman saya menyusul kami berdua , mereka pun setuju dan memodifikasi tempat tersebut supaya bisa sedikit nyaman untuk beristirahat.

Suasana tempat untuk istirahat dan tidur , meskipun gag pake tenda tapi tetap hangat oleh suasana kebersamaan yang kental.
    Setelah beristirahat cukup akhirnya bunyi alarm pun membangngunkan kami , tak terasa ternyata sudah puk 04.30 , kami pun bergegas packing dan masak air untuk dibuat kopi supaya nanti dalam melanjutkan mendaki tidak mengantuk.
    Indahnya Sunrise dengan pemandangan Gunung Sumbing
    Walaupun kami gagal sunrise attack di puncak Gunung Sindoro kami pun sudah cukup puas walaupun hanya di punggung gunung menikmati sunrisenya , "blelum sampai puncak aja sunrisenya seindah itu apalagi kalau di puncak" ujar teman saya .
    setelah menikmati kopi hangat kami pun bersiap melanjutkan perjalanan langsung menuju puncak agar dapat mengikuti Upacara Bendara di puncak .

Gagahnya Gunung Sumbing
    Setelah berjalan sekitar 4 jam dari tempat tepat kami ngecamp salah satu dari teman kami yaitu Mas Agus dari Suara Merdeka sudah tidak kuat untuk melanjutkan perjalan dan terpaksa dia menunggu kami turun dari puncak , kami membuat kesepakatan apabila kami pukul 11.00 belum sampai pucak kami langsung turun untuk menemuai Mas Agus, ternyata waktu masih memihak kepada kami yang naik ke puncak , pukul 11.00 pas kami sampai puncak. tidak meninggalkan momen bersejarah bagi kami , kami pun langsung sujud syukur dan tidak lupa mengibarkan BENDERA MERAH PURIH diatas puncak.

Penghormatan Bagi Bendera Merah Putih
    Pengibaran dan Penghormatan kepada Sang Merah Putih

Gunung Merbabu dan Merapi dari Gunung Sindoro
    Kawah Gunung Sindoro
    Setelah cukup puas dan cukup beristirahat di puncak tepat pukul 13.00 kami putuskan untuk turunmenemui mas agus yang sendirian menunggu di bawah.
    setelah sampai di tempat kami berpisah dengan mas agus kami sudah tidak menjumpai dia lagi , kami berlima pun bingung sambil teriak-teriak memanggilnya , kami sepakat untuk terus melanjutkan perjalanan turun siapa tahu mas agus sudah turun duluan dan bisa ketemu di tengah perjalanan.
    jam demi jam, lereng demi lereng gunung telang kita lewati tetapi belum juga bertemu dengan mas agus , kami semakin bingung .
    dan kami yakin bahwa mas agus sudah turun duluan .

Perjalanan Turun Dari Gunung Sindoro
    akhirnya setelah sampai di basecampe sukur alhamdulillah  kami pun menjumpai mas agus , dengan kodisi badan yang sudah bersih ,, "ckckckck yang dicari-cari ternyata gag merasa dicari",celoteh teman saya ,
    berhubung sampai basecamp sudah menunjukkan pukul 17.00 kami langsung tanpa pikir panjang langsung gas pulang ke Semarang dengan kondisi badan yang bau , kotor , dekil pokoknya enggak banget deh .
    terimakasih kepada teman-teman yang sudah meluangkan waktunya untuk bolang bersama saya ,.!