• Tuesday, April 7, 2015

    Cara Installasi ZeosLib di Delphi 7

    ZeosLib, merupakan component tambahan untuk Delphi 7 yang berfungsi sebagai penghubung antara Delphi 7 dengan database, seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite, maupun Oracle. Konfigurasi Zeos tidaklah sulit, sehingga sangat membantu user dalam mengembangkan aplikasi desktop berbasis database.
    File instalasi Zeos contoh dibawah ini menggunakan ZeosDBO-6.6.6-stable. Instalasi ZeosDBO ini tidak cukup sulit, namun instalasinya harus urut. Berikut ini sedikit penjelasan mengenai instalasi ZeosDBO di Delphi 7. 
    Berikut langkah-langkah installasi ZeosLib:

    1. Extract *.rar dari ZeosDBO-6.6.6-stable di tempat yang anda inginkan. Pastikan bahwa    lokasi dari folder ZeosDBO TIDAK diubah-ubah, disarankan disimpan di harddisk.
    2. Buka folder ZEOSDBO-6.6.6-stable, kemudian pilih buka folder package.

    3. Terdapat banyak pilihan package yang disupport oleh ZEOSDBO-6.6.6-stable. Buka folder delphi7.
    4. Cari file bertipe delphi package (*.dpk), bisa dengan sortir berdasarkan jenis datanya di explorer.
    5. Buka aplikasi Delphi 7, atur konfigurasi path library pada IDE sehingga dapat menemukan folder dimana komponen tersebut diletakkan melalui menu Tools –  Environment Options –  Library –  Library Path, klik tombol ... tunjukan folder dimana file *.pas dari komponen yang akan disimpan (misalnya ..\ZEOSDBO-6.6.6-stable\src\component), klik tombol Add, ulangi untuk folder core, dbc, parsesql, plain.   

     



















    6. Gunakan menu File –  Open, pada folder ...\ ZEOSDBO-6.6.6-stable\packages\delphi7 pilihlah file ZComponentDesign.dpk, klik tombol Compile, kemudian klik tombol Install pada jendela daftar komponen yang muncul. 


    7. Tunggu sejenak, akan muncul pesan informasi bahwa ZeosDBO telah terinstall 






    8. Dalam beberapa kasus proses intalasi tidak berhasil dilakukan, salah satu solusinya adalah sebagai berikut (langkah ke 5 diatas harus sudah pernah dilakukan) : 
    a. Gunakan menu File –  Open, pada folder ...\ ZEOSDBO-6.6.6stable\packages\delphi7 pilihlah 5 (lima) file yang berektensi *.dpk lakukan Compile saja (tidak perlu Install). Urutan file yang akan diproses adalah sebagai berikut : 
     ZCore.dpk  ZParseSQL.dpk  ZPlain.dpk  ZDbc.dpk  ZComponent.dpk 
    9. Akan muncul pesan infrmasi bahwa ZeosDBO telah terinstall, klik tombol OK. Tutup jendela paket . Selanjutnya anda dapat melihat pada toolbar komponen pallete, di tab Zeos 
    Access telah terinstall :

    Zeos Acces Sudah Siap beroperasi di delphi anda
    Cukup mudah bukan , kalau masih binggung bisa corat-coret dikolom komentar,
    terimakasih.


    No comments:

    Post a Comment