• Wednesday, February 11, 2015

Pendakian Gunung Prau Via Patak Banteng

Gunung Sindoro
    Gunung Prau mraupakan salahsatu gunung di Jawa tengah ynag berada di 2 kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Kendal. Gunung Prau juga merupakan salahsatu Puncak di Dataran Tinggi Dieng selain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah. Gunung ini memiliki ketinggian 2.565 meter di atas ppermukaan laut.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman pendakian Gunung Prau Via Desa Patakbanteng. Saya melakukan Pendakian kali ini hanya berdua dengan teman saya Yanuar.
    Kami berangkat dari tempat saya di desa peron Kec.Limbangan Kab.Kendal pukul 15.00. belum genap 10 menit berjalan hujan deras mulai turun. Kami putuskan untuk tetap meneruskan perjalanan dikarenakan waktu yang sudah sore.
    pukul 17.00 kami sampai di alun-alun wonosobo dan istirahat sebentar untuk sholat asyar. Perjalanan dari Alun-alun menuju kawasan Dieng kami tempuh dengan pelan-pelan karena kabut sudah turun dan badan sudah merasa kedinginan. pukul 17.30 kami sampai di bascamp Patak Banteng, barusaja melemaskan otot-otot yang sudah kaku selama perjalanan hujan turun dengan  derasnya, terpaksa kami menunda keberangkatan menuju Puncak Gunung Prau. Daripada berdiam berdua dibascamp, saya pun mulai lirik sana lirik sini nyari kenalan, alhasil ketemu sama Mas Udin asal weleri(pendaki solo men) dan calon ibu bidan asal Pontianak yang kuliah di Purwokerto, Aya namanya. tapi sayang dia sudah ada yang punya hehehe :D. Pukul 20.00 hujan pun baru reda, kami pun langsung tancap gas untuk memulai menapakkan kaki di Gunung Prau. sekarang kami bertiga ditambah mas Udin yang tadi ketemu di basecamp. Ternyata udara disini memang bener-bener dingin untuk orang yang baru pertama menapakkan kaki di Gunung Prau.
    jalan setapak yang basah oleh air hujan membuat kami susah untuk melangkah, teledor sedikit saja bisa terpeleset.
    Perjalanan Menuju Puncak
    Pukul 22.00 kami sampai dipuncak Gunung Prau, ternyata di pumcak sudah dipenuhi oleh tenda-tenda pendaki yang kemungkinan merasakan lebatnya hujan tadi sore. indahnya kerlap-kerlip bintang sudah bisa menghilangkan rasa capek saya, dengan indahnya Gunung Sindoro dihadapan mata saya, yang kebetulan suasana malam itu benar-benar indah tanpa kabut. tak menunggu lama-lama setelah mendapatkan tempat yang cocok  tenda pun langsung berdiri dan biasa acara masak memasak, minum meminum dilanjutkan makan makan, yah karena kurang persiapan hanya mie instan lah yang bisa saya makan untuk malam ini.
    matapun sudah tidak bersahabat lagi, itu tandanya sudah mengajak untuk tidur. pukul 01.00 saya terbangun ternyata hujan kembali turun, dengan kondisi hujan deras saya beranikan keluar untuk memasang flyset untuk mengurangi rembesan air hujan masuk kedalam tenda.
    Sunrise Gunung Prau
     Sang Mentari pun sudah mulai memperlihatkan sinarnya. udara dingin , kelopak mata yang masih ingin terpejam, ditambah gerimis hujan tak menghalaniku untuk bangun dan melihat indahnya Sunrise di Gunung Prau, Subhanallah sungguh megah ciptaan-Mu ya Robb. Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Ungaran semua terlihat dari Gunung Prau.
    Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi
    Keindahan Gunung Sindoro Sumbing dari Gunung Prau
    Gunung Slamet

Telaga Warna

Tidak sampai disitu keindahan Puncak Gunung Prau, masih ada bukit-bukit dengan padang rumputnya yang menjadikan Gunung Prau dijuluki Bukit Teletabis
    Jogging Di Bukit Teletabis
    Tak terasa waktu berjalan begitu cepat, matahari pun telah memancarkan cahaya teriknya, karena takut akan guyuran hujan seperti kemarin dan setelah cukup puas menikmati indahnya pemandangan di Gunung Prau kami pun lekas packing dan bersiap untuk kembali ke basecamp Patakbanteng.
    Jalur turun ke Basecamp sangatlah licin tak jarang kami jatuh bangun karena licinnya jalan.

Perjalanan Turun dari Puncak Ke basecamp
    Setelah beristirahat dan membuat mie isntan di basecamp kmi bertiga pun melanjutkan perjalanan menuju rumah. Mumpung nanti melewati Kab.Temanggung sekalian saya mengajak yanuar mampir rumah saya yang di Kaloran sebelum pulang ke Semarang.
    Gapura Dieng Plateu

Crew Pendakiann Gunung Prau.( dari Kiri) Udin, Anas(admin),Yanuar
    Tag: Gunug Prau Wonosobo Dieng Plateu dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo Gunung di Jawa Tengah